Tepis Sindiran Prabowo, Ma’ruf: Utang Boleh dalam Islam

Tepis Sindiran Prabowo, Ma’ruf: Utang Boleh dalam Islam

KOKOPNEWS.ID – Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin, angkat suara terkait tudingan Calon Presiden Prabowo Subianto yang menyebut Sri Mulyani sebagai ‘menteri pencetak utang.’ Menurut Ma’ruf, utang diperbolehkan di dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia maupun dalam Islam.

Hal tersebut disampaikan dalam acara deklarasi dukungan Silaturahmi Haji Indonesia (SAHI) kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin, di Ballroom Hotel Sari Pacific, Jumat (1/2/2019).

“Indonesia punya utang. Kemudian Kemenkeu utang. Lah utang itu dibolehkan oleh undang-undang. Dalam Islam utang boleh kok. Jadi utang secara negara boleh, secara agama boleh,” jelas mantan Ketua MUI ini.

Ma’ruf menambahkan, partai oposisi yang kerap mengkritik pun ikut menyetujui utang itu. “Dan DPR semua partai ada di situ termasuk partai anda di situ ada,” kata Ma’ruf.

Dia kembali menegaskan utang secara aturan kenegaraan tidak ada yang dilanggar. Begitu pun dalam ajaran Islam diperbolehkan. Ma’ruf mencontohkan, tiap orang hampir tak terkecuali memiliki utang.

“Yang tidak boleh yang membahayakan yang menghilangkan kedaulatan kita,” ucapnya.

Pernyataan Prabowo

Lebih lanjut, Ma’ruf menyatakan bahwa rasio utang luar negeri Indonesia saat ini masih sangat sehat ketimbang negara-negara lain seperti Turki, Amerika dan Jepang.

“Kalau utang kita di Indonesia, yang saya baca itu masih lebih sehat dibanding Amerika, Turki, Jepang, sekalipun rasio utang itu masih di bawah batas maksimum,” kata dia.

Sebelumnya, Capres nomor urut satu Prabowo Subianto menyebut seharusnya tak perlu lagi penyebutan Menteri Keuangan, seharusnya Menteri Pencetak utang. Pernyataan Prabowo menyinggung utang pemerintah yang saat ini menumpuk. Diketahui total utang pemerintah hingga akhir 2018 mencapai Rp 4.418,30 triliun.

“Kalau menurut saya, jangan disebut lagilah ada Menteri Keuangan, mungkin Menteri Pencetak Utang. Bangga untuk utang, yang suruh bayar orang lain,” ujar Prabowo dalam acara dukungan alumni perguruan tinggi di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini, Jakarta Timur, Sabtu (25/1/2019). [Faktanews]

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: