Luncurkan Buku ‘Maruf Amin Way’, Cawapres 01 Ajarkan Ekonomi Kerakyatan

Luncurkan Buku ‘Maruf Amin Way’, Cawapres 01 Ajarkan Ekonomi Kerakyatan

KOKOPNEWS.ID - Cawapres nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin meluncurkan buku berjudul ‘Maruf Amin Way’ di gedung Smesco Jakarta Selatan. Buku tersebut bermuatan kaidah dalam ekonomi kerakyatan.

“Harus ada perubahan perubahan yang signifikan, yang fundamental, dalam membangun ini yaitu membangun ekonomi dari bawah,” tutur Ma’ruf soal buku tersebut.

Landasaan pemikiran dalam buku Maruf Amin Way adalah teori trick down effect yang tidak bisa diandalkan. Jurang kemakmuran antara si miskin dan si kaya menjadi fokus Ma’ruf.

Konsep ekonomi islam juga disematkan dalam buku Maruf Amin Way. Hal tersebut Ma’ruf maksudkan agar kesejahteraan rakyat merata. Hal tersebut sesuai dengan butir ke 5 dari Pancasila yang menekankan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Ini saya kira harus kita bangun bagaimana membangun di dalam Undang-Undang Dasar 1945,” tegasnya.

Ekonomi Kerakyatan dalam Buku ‘Maruf Amin Way’

Cawapre Ma’ruf Amin mendukung adanya aturan pemerintah soal ekonomi kerakyatan. Menurutnya, keberpihakan ekonomi terhadap masyarakat dan umat sangatlah mutlak. Terlebih merekalah entitas terpenting Indonesia.

“Kalau umat ini lemah bangsa ini lemah, kalau umat ini kuat bangsa ini kuat,” katanya.

Perlunya koordinasi pihak-pihak terkait dalam mendukung ekonomi kerakyatan. Ma’ruf juga turut mengajak santri dalam mewujudkan hal tersebut. Menurutnya pelajar islam harus turut aktif dalam berbangsa.

“Makanya di kalangan santri ada istilah membangun Gus Iwan santri bagus pinter mengaji, usahawan,” ungkapnya.

Skema gerakan yang bersinergi dengan ekonomi kerakyatan akan mejadi gambaran gagasan tersebut. Ma’ruf menyebut motor pergerakan ekonomi kerakyatan terletak pada komunitas dan masyarakat. Hal tersebut akan menjadi tulang punggung ekonomi bangsa.

“Mudah-mudahan ini menjadi amal usaha, amal baik yang bisa memberikan pencerahan bagi seluruh rakyat dan bangsa serta negara Indonesia,” tandasnya. [Faktanews]

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: