Belajar Menulis Untuk Blog

KokopNews, Belajar Menulis Artikel Untuk Blog - Hal pertama dan utama yang harus menjadi perhatian seorang blogger adalah menulis. Tanpa menulis kegiatan ngeblog terasa hampa, tiada arti. Karena sejatinya ngeblog itu adalah menulis itu sendiri.

Belajar menulis untuk blog
Gambar: pixabay

Blog adalah tempat atau ruang yang disediakan untuk orang yang mau menulis. Jika tidak menulis tentu blog yang merupakan ruang atau tempat itu akan kosong, tanpa isi. Kalau sudah kosong maka ibarat rumah yang tidak berpenghuni. Karena kosong maka akan diisi makhluk halus. Sungguh sangat mengerikan.

Oleh karenanya, menulis tidak bisa dipisahkan dari kegiatan ngeblog itu sendiri. Namun, yang menjadi persoalan adalah keinginan ngeblog sangat besar namun tidak diimbangi dengan kemampuan menulis yang baik. 

Contohnya seperti saya ini. Kemampuan menulis masih sangat minim, untuk tidak mengatakan tidak bisa sama sekali. Karena memang mulai lahir sampai saat ini belum pernah belajar yang namanya menulis. Maklum sekolah SD hanya setahun, walaupun demikian alhamdulillah masih punya ijazah sarjana (Skripsi selalu dibuatin teman). Hehehe

Sekedar memberitahu bahwa saya menyukai blog sejak empat bulan yang lalu. Waktu itu secara tidak sengaja saya berkunjung ke blog yang menjelaskan tentang dunia blog. Di blog yang saya lupa namanya itu, saya banyak menemukan tulisan tentang betapa pentingnya blog berikut dengan beberapa manfaat dari kegiatan ngeblog.

Setelah membaca beberapa artikel saya langsung kepincut membikin blog walaupun waktu itu saya belum tahu cara membuat blog. Namun dengan keinginan yang besar itu akhirnya saya bisa membuat blog dengan panduan yang saya baca di internet.

Setelah blog jadi saya binging mau diisi apa, sebab blog harus diisi tulisan, sementara untuk menulis tidak bisa sama sekali. Sempat terpikir mengisi blog yang baru dibuat itu dengan artikel copasan, namun setelah dipikir, ngopas adalah tindakan tak terpuji. Setelah melakukan semedi yang cukup panjang akhirnya saya putuskan untuk belajar menulis. Karena masih pemula, maka saya awali belajar menulis ini dengan cara menulis ulang tulisan di internet yang saya anggap menarik.

Menulis memang sulit, walaupun pada dasarnya juga tidak terlalu sulit.  Menulis membutuhkan keuleten dan komitmen sebab harus dilakukan secara rutin setiap hari. Yang sering menimpa penulis pemula, seperti saya, hari semangat menulis begitu meletup-letup, besoknya hilang entah pergi kemana semagat itu.

Disamping itu, menulis membutuhkan ide. Tanpa ide tentu tidak bisa menulis. Sebab tulisan itu adalah serangkaian ide yang disusun sedemikian rupa sehingga menjadi runtut dan enak dibaca. 

Tulisan ini saya buat disaat saya tidak mempunyai ide yang layak dibagikan pada orang lain, akhirnya asal nulis saja, apapun hasilnya. Al hamdulillah berkat perjuangan selama kurang lebih 20 menit saya berhasil menghasilkan satu tulisan, tapi jangan anda tanya kualitasnya, sebab kualitas tulisan ini sudah diketahui oleh semua orang.  Hal ini hanya agar blog ini terlihat selalu update setiap hari.  Untuk itu, apapun yang bisa ditulis pasti akan saya tulis. 

Mungkin cukup sekian dulu karena otak sudah tidak bisa mngeluarkan ide lagi. Selamat mengerutkan dahi bagi anda yang kesasar membaca tulisan super jelek ini.

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: