Pentingnya Blog Di Zaman Serba Canggih


Pentingnya Blog Di Zaman Serba Canggih

KOKOPNEWS.ID - Saat ini kita tidak lepas dengan yang namanya informasi. Setiap saat kita disuguhkan informasi yang begitu beragam, baik dari media elektronik atau cektak. Media Eletronik seperti Televisi, Radio dan Internet. Sedangkan Media Cetak seperti Koran, Majalah dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan informasi kita sudah tidak kesulitan lagi, bahkan informasi tentang belahan dunia yang sangat jauh sekalipun, dengan mudah bisa kita temukan. Hal itu terjadi karena berkat kehadiran internet ditengah-tengah kehidupan kita. Internet sudah bukan perkara asing lagi. 

Dulu, sekitar 10 tahun yang lalu, internet belum menyebar seperti sekarang ini dimana hanya sebagian kecil saja yang bisa mengakses internet, itupun terbatas di daerah perkotaan. Sementara kita yang ada di desa-desa sulit mengakses internet, bahkan belum kenal apa itu internet. Namun, saat ini keadaan begitu berbeda. Internet seakan sudah menyatu dengan kehidupan kita. Sulit rasanya dalam satu hari saja kita tidak mengakses internet. 

Kemudahan internet ini karena didukung oleh canggihnya alat elektronik seperti smartphone atau yang sering disebut Ponsel Pintar ditambah lagi dengan semakin meratanya sinyal internet yang disediakan oleh Provider. Bahkan sinyal internet seudah menyebar kemana-mana termasuk ke desa-desa yang dulu hanya bisa dinikmati oleh orang yang ada di kota.

Alibatnya, dunia internet diisi oleh masyarakat dari berbagai latarbelakang mulai dari pejabat setingkat presiden sampai dengan tukang becak, petani dan siapapun orangnya asal masih mampu membeli Ponsel dan paket internet, semuanya tanpa terkecuali menyatu didalam dunia internet.

Dengan demikian, pengguna internet semakin meningkat dari tahun ke tahun. Di Indonesia, sepanjang tahun 2016 pengguna internet mencapai 132.7 juta orang dari total penduduk sebanyak 256.2 orang. Itu artinya hampir separuh penduduk indonesia sudah akrab dengan internet dan angka ini akan semakin bertambah dan tidak menutup kemungkinan pada saatnya nanti tidak ada orang yang tidak menggunakan internet, kecuali bayi yang baru lahir.

Aktivitas yang bisa dilakukan di internet sangat beragam, mulai dari mengakses media sosial, mencari informasi dengan melakukan browsing, membuat website atau blog untuk membagikan informasi kepada masyarakat luas.

Dengan demikian internet adalah rumah besar untuk masyarakat dunia. Sehingga internet penuh dengan data dan informasi milik penduduk dunia. Apa saja bisa kita temukan di Internet. Mulai dari hal yang positif sampai yang negatif pun dengan mudah kita temuka di Internet.

Oleh karenanya, internet mempunyai dua sisi yaitu positif dan negatif. Internet bisa kita gunakan untuk menyebarkan konten positif namun juga bisa kita gunakan untuk memposting konten negativ, dan yang kedua ini seperti yang lebih dominan.

Saat ini media blog semakin digemari oleh masyarakat. Kalau dulu masyarakat mengakses internet untuk membuka media sosial seperti Facebook dan Twitter namun sekarang masyarakat mulai melirik blog untuk menambah aktivitasnya dalam berinternet. Maka tidak aneh kalau kita lihat di internet banyak bertebaran blog yang berisi ragam informasi baik yang dimiliki secara pribadi atau milik perusahaan. Bahkan perusahaan yang bergerak dibidang media pemberitaan sekarang sebagian besar untuk tidak mengatakan semuanya, sudah membuat portal berita. Diantaranya koran Kompas dengan membuat portal kompas.com, Republika  dengan portal republika.co.id dan masih banyak lagi media citak yang mempunyai portal berita online.

Dikalangan personal juga banyak kita lihat yang sudah membuat blog, baik untuk sekedar memposting pengalaman pribadi semacam curhat atau yang memang serius menuliskan pengalaman dan keahliannya dibidang tertentu. Baca Juga Anda Hoby Menulis Atau Ingin Belajar Menulis? Buatlah Blog

Hal tersebut karena membuat blog tidaklah sulit. Membuat blog sangat mudah semudah membuat media sosial Facebook dan Twitter. Disamping itu membuat blog tidak kenakan biaya alias gratis, seperti paltform Blogspot dan Wordpress, kecuali kalau kita menggunakan domain berbayar seperti dotcom, net, co.id dan lain-lain. Inipun harganya tidak terlalu mahal, kita hanya perlu menyisakan uang 130 ribu pertahun kita sudah bisa mempunyai website dengan domain keren.

Oleh karenanya, dalam rangka meramaikan dunia internet mengikuti jejak langkah para blogger yang sudah terlebih dahulu berkativitas ngeblog saya membuat blog yaitu kokopnews.ID. Melalui blog sederhana ini saya ingin membagikan informasi, pengalaman, pengetahuan dan apapun hal positif yang saya ketahui.

Ada banyak manfaat yang bisa diperolah dari kegiatan ngeblog. Setidaknya ada 5 manfaat ngeblog yaitu:

1. Melatih Kemampuan Menulis

Melalui blog kita bisa melatih kemampuan menulis yang masih minim. Karena di blog kita dituntut untuk mengisi konten dengan cara menulis. Dengan demikian kita terdorong untuk selalu mencari ide sebagai bahan tulisan. Dengan kegiatan ini tentu kemampuan menulis kita semakin terasah. Bahkan bisa jadi dengan hanya bermodal ngeblog kita bisa menjadi penulis terkenal sperti Dee Lestari. Ia menjadi penulis terkenal berangkat dari kegemarannya menulis di blog. Bila penasaran ini dia Blognya.

2. Mendorong Untuk Gemar Membaca

Seperti kita ketahui bahwa minat baca masyarakat Indonesia masih rendah. UNISCO merilis survey bahwa minaqt baca masyarkat Indonesia masih mencapai 0,001 persen. Kalau dikalkulasi dengan keseluruhan jumlah penduduk Indonesia maka dalam seribu orang hanya satu orang yang memiliki minat baca. Kepala Biro Komunikasi Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud, Asianto mengatakan, dibanding negara lain, minat baca rakyat Indonesia masih sangat tertinggal yaitu berada di peringkat 60 dari dari 61 negara.

Oleh karenanya, penting bagi kita membantu pemerintah untuk meningkatkan minat baca, setidaknya kita sendiri tidak mempunyai minat baca yang tinggi sehingga bisa mengurangi angka banyaknya masyarakat masih rendah minat bacanya.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan minat baca itu, diantaranya yang paling bagus adalah mealui blog. Kenapa kok harus blog?, karena, seperti yang telah disebut pada poin satu, bahwa blog menuntut kita untuk selalu menulis. Sedangkan kegiatan menulis tidak bisa dilakukan dengan baik kalau kita tidak mempunyai minat baca yang tinggi atau tidak gemar membaca. 

Bisa dikatakan pula kegiatan ngeblog ini mendorong kita untuk mengetahui banyak hal dengan cara membaca apa saja baik di internet atau melalui buku-buku. Dengan demikian kita terlepas dari predikat sebagai orang yang rendah minat bacanya menjadi orang yang gemar membaca.

Saya sendiri awalnya tidak suka membaca, karena membaca itu tidak manfaat dan membuat saya jenuh ditambah lagi kepala menjadi pusing. Tapi semenjak aktiv ngeblog saya jadi gemar membaca, Bahkan tiada hari tanpa membaca.

3. Menambah Pengetahuan Dan Pengalaman 

Blog memberi kita jalan menambah pengetahuan dan pengalaman. Karena poin nomor tiga ini ditopang oleh poin no 1 dan 2. Jika kita gemar membaca lalu kemudian kita meningkat ke taraf gemar menulis maka secara tidak langsung pengalaman dan pengetahuan yang kita miliki semakin bertambah. 

4. Memberi Manfaat Untuk Orang Banyak 

Dengan kemampuan menulis yang dimiliki, kita bisa berbagi apa saja yang bermanfaat berkaitan dengan keahlian dan pengalaman yang kita punya. Semisal kita ahli dibidang IT maka kita bisa menulis Tips dan Trik yang berhubungan dengan IT, atau kita punya pengetahuan agama maka pengetahuan tersebut bisa kita bagikan melalui blog. Tentu banyak orang yang terbantu dengan dengan yang kita bagikan tersebut. 

Dengan demikian kita ikut memberi manfaat pada orang lain dan tentu sebagaimana yang diterangkan dalam agama bahwa orang yang membantu meringankan beban orang lain maka ia akan diringankan bebannya oleh Allah. Sedangkan di Akhirat kita akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Amin.

5. Mendapatkan Uang Dari Blog

Percaya atau tidak blog bisa menghasilkan uang. Sudah banyak orang yang bisa menghidupi diri dan keluarganya hanya dengan mengelola blog pribadi, walaupun saya sendiri belum mendapatkannya hehehe. Namun tidak sulit mencari informasi tentang orang yang mendapatkan uang dari blog. Bahkan ada yang pendapatannya dari blog mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta setiap bulannya.
  
Sekedar contoh dan memberi semangat untuk saya dan anda sekalian, berikut ini saya beri tahu para blogger yang bisa hidup dari blognya:

         1) Indri Lidiawati

Ia adalah seorang ibu rumah tangga asal Malang yang sukses mengelola blog dan mencoba peruntungan dengan menjadi publisher AdSense sehingga mendapatkan keuntungan puluhan juta setiap bulannya. 

Awalnya ia bukan siapa-siapa di dunia blogging, namun dengan ketekunannya belajar tips dan trik blog akhirnya dia terkenal menjadi blogger sukses dikalangan blogger.  Bahkan saat pertama kali mengenal AdSense dan mencoba mendaftar berkali-kali dia ditolak. Berkat usaha kerasnya yang tiada henti sekarang dia mendapatkan hasil dari kerja kerasnya selama ini.

 
Dia dikenal orang banyak dikalangan blogger melalui blognya yaitu Juragan Cipir. Melalui blognya ini dia membagikan tips dan trik ngeblog dan juga cara mendaftar Adsense dari awal sampai akhir sesuai pengalaman yang dimilikinya. 

         2) Marikxon Manurung

Ia termasuk blogger sukses yang mendapatkan penghasilan puluhan juta dari hasil mengelola blog. Menurut informasi yang saya dapat Marikxon mempunyai pengahsilan 50 juta perbulan atau 600 juta pertahun, angka yang sangat fantastis untuk kerja yang hanya berada di depan komputer.

Blog yang ia kelola dan dikenal banyak orang adalah www.maxmanroe.com, blog pribadi yang mengulas Belajar Internet Marketing. Blog ini banyak didatangi pengunjung yang perkiraan mencapai 500 ribu perharinya. Maka sangat pantas kalau blog ini menjadi salah satu blog besar dan tentu kita patut menirunya.

          3. Adin Linda

Adin Linda juga termasuk dari sekian banyak blogger yang telah sukses dan berpenghasilan yang membuat kita iri dengan hanya mengelola blog. Ia mempunyai blog yang beralamat http://terbarux.blogspot.co.id/, blog pribadi yang menyajikan konten tentang kata-kata mutiara seperti pusisi dan kata lucu yang juga disisipi dengan tutorial dan konten yang berkaitan dengan kesehatan. 

 
Walaupun demikian, ia mampu menjaring Visitor atau pengunjung pada blognya tersebut, tidak kurang dari 250 ribu orang yang mengunjungi setiap harinya.  Sehingga tidak heran jika pendapatannya mencapai 20 juta perbulan atau 240 juta pertahun.
    
Itulah tiga blogger yang mempunyai penghasilan jutaan bahkan puluhan juta setiap bulannya. Selain dari ketiga blogger diatas, masih banyak lagi blogger yang mempunyai penghasilan besar. Karena sekedar ingin memberi contoh, maka cukup tiga saja yang saya sebutkan. Jika anda ingin mengetahui lebih banyak lagi silahkan anda googling sendiri.

Apa yang saya paparkan diatas menjadi bukti bahwa blog dan ngeblog mempunyai banyak manfaat. Saya hanya menyebutkan 5 manfaat ngeblog dari sekian banyak manfaat yang tidak bisa saya sebutkan. Karena saya ingin memberi tahu anda dan tentu sebagai penambah semangat ngeblog untuk saya pribadi bahwa ngeblog bukanlah pekerjaan yang sia-sia.

Oleh karenanya, mari ngeblog bersama-sama. Untuk permulaan kita ngeblog hanya untuk menyalurkan hoby menulis. Dan jika suatu saat blog yang kita kelola menjadi besar dengan banyak orang yang mengunjungi maka tidak ada salahnya kalau kita mengaitkan blog dengan Adsense untuk mendapatkan penghasilan.

Itulah beberapa hal yang menunjukkan pentingnya blog dan ngeblog. Sekian dulu dari saya, harapannya mudah-mudahan postingan ini bermanfaat untuk kita semua. Amin.

Untuk mengetahui tujuan saya ngeblog silahkan baca  artikel ini Tujuan Saya Ngeblog

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: