Orang Baik Harus Menjadi Blogger

KokopNewsOrang Baik Harus Menjadi Blogger- Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini kita harus ikut meramaikan dengan berpartisipasi membuat blog pribadi. Dengan membuat blog kita bisa ikut membagikan informasi yang kita miliki kepada orang banyak. Apalagi belakangan ini banyak informasi yang tersebar di internet namun tidak diketahui sumbernya. Sehingga banyak pengguna internet yang melahap begitu saja informasi yang tidak jelas itu.

 Orang Baik Harus Menjadi Blogger
www.dreamstime.com
Nah, dengan membuat blog kita dibiasakan membaca sekaligus berfikir kritis sehingga tidak mudah termakan oleh informasi yang hoax atau berita bohong. Berita bohong sengaja dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan tujun untuk diantaranya mencari popularitas untuk blognya agar banyak pembaca yang tertarik mengunjungi blognya. Dari sekian banyak pembaca, ada orang yang tidak mempunyai pikiran kritis sehingga mudah percaya terhadap informasi tersebut.

Selain itu, pembuat berita bohong mempunyai tujuan untuk memperkeruh suasana dan diantara misinya untuk membuat keadaan sosial politik di tanah air menjadi tidak kondusif. Oleh sebab itu, berkali-kali prisiden Jokowi mengeluhkan kondisi tersebut diberbagai ceramahnya. Presiden sangat prihatin dengan banyaknya berita yang beredar di media sosial dimana dengan tidak adanya filter mengenai berita yang ada, orang dengan seenaknya membuat dan menyebarkan berita yang berdampak pada instabilitas kehidupan bernegara.

Tidak hanya presiden yang prihatin atas kondisi media sosial. Banyak para tokoh nasional yang juga ikut prihatin atas kondisi tersebut. Satu sisi kita harus bersyukur karena demokrasi yang ada di negeri ini berjalan dengan baik, tapi disisi lain dampak dari demokrasi tersebut membuat masyarakat tidak bisa mengontrol diri untuk tidak membuat gaduh dengan membuat berita bohong.

Untuk menangkal berita hoax ini presiden menginstruksikan kepada aparat yang berwajib agar menyelidiki sumber berita bohong untuk kemudian dimintai klarifikasi dan jika ada undang-undang yang dilanggar tentu harus ada sanksi pada yang bersangkutan. Namun, banyak pihak yang tidak setuju dengan sikap presiden tersebut. Dengan melibatkan aparat penegak hukum dalam menangani beredarnya berita hoax dikhawatirkan ada kemunduran dalam berdemokrasi yang sudah mapan seperti sekarang ini. Bahkan kesempatan ini bisa saja digunakan oleh orang yang sedang berkuasa untuk membungkam suara kritikan yang dilontarkan oleh lawan politiknya.

Oleh karenanya, menangkal berita bohong dengan melibatkan penegak hukum saya kira kurang baik untuk kehidupan demokrasi yang kita jalani. Saya lebih setuju pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk cerdas dalam berinternet. Diantara cerdas dalam berintenet adalah membuat blog untuk mengasah kemampuan menulis yang dengan kemampuan ini kita bisa berpartisipasi menyebarkan berita yang menyejukkan. Disamping itu, ngeblog bisa kita jadikan media untuk meluruskan berita bohong yang beredar. Cara seperti ini saya kira lebih baik dan bijak. Jika masyarakat sudah cerdas saya kira berita bohong itu tidak akan laku. 

Selama ini website atau blog yang sering membuat berita hoax mempunyai traffic yang sangat tinggi, ini sebagai bukti bahwa masyarakat masih kurang cerdas sehingga mudah percaya pada berita tersebut. Nah, yang harus dibangun adalah masyarakatnya dengan membekali mental kritis dalam membaca berita, bukan melibatkan penegak hukum yang dikhawatirkan mengekang kebebasan berpendapat dan berekspresi yang dijamin oleh undang-undang.

Di ruang blog kita bisa menuangkan semua ide, informasi, pengalaman dan pengetahuan kepada orang banyak. Fasilitas blog ini masih belum digunakan oleh mereka yang berprilaku baik. Untuk mengimbangi konten yang tidak bertanggung jawab dibutuhkan banyak konten positif. Konten positif ini tentu membutuhkan orang baik. Nah, intinya orang merasa baik harus berbondong-bondong membuat blog. Kita ramaikan dunia internet dengan konten-konten positif yang mencerdaskan dan menyejukkan. Kita butuh banyak orang baik untuk berpartisipasi membuat blog.

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: