Media Cetak VS Online

KokopNews - Di zaman globalisasi ini informasi cepat berkembang. Peristiwa yang terjadi di belahan dunia bagian barat hanya dalam waktu sekejap menjadi santapan masyarakat yang ada.di dunia belahan timur. Begitu pula sebaliknya. Kecepatan informasi ini tidak lepas dari semakin majunya teknologi. Bahkan kemajuan ini hampir tidak terbayang sebelumnya.

Media Cetak VS Online

Saat ini masyarakat kita, di kota ataupun di desa yang berada di daerah terpencil sebagian besar sudah mempunyai samartphone. Dengan modal HP pintar ini kita dengan mudahnya mengakses internet yang berisi berbagai macam informasi mulai dari dalam negeri sampai ke luar negeri.

Tidak hanya itu, dengan semakin meleknya masyarakat tentang teknologi lambat laun informasi yang sebelumnya di dominasi oleh koran cetak belakangan ini mulai disaingi oleh informasi yang beredar di internet. Bahkan banyak koran cetak yang mulai merambah dunia online dengan membuat situs berita untuk melayani kebutuhan informasi masyarakat modern. Koran-koran cetak seperi Kompas, Republika, Jawa Pos dan lain lain sudah mempunyai versi online nya. Bahkan hampir tidak ada koran cetak yang tidak mempunyai situs berita online.

Ini menunjukkan bahwa terjadi kekhawatiran pada pengelola koran cetak dengan banyaknya masyarakat yang mencari informasi secara cepat. Ya, situs berita online memang menyajikan berita yang sangat cepat. Bahkan peristiwa yang terjadi saat ini bisa langsung dituliskan dan dibagikan kepada masyarakat luas. Hal ini berbeda dengan koran cetak dimana terbitnya di pagi hari. Jika ada peristiwa yang terjadi hari ini maka bisa dibaca beritanya besok pagi. Keadaan yang sangat kontras dengan situs berita online.

Namun, dari kecepatan informasi yang disajikan oleh media online ternyata banyak kelemahan yang ditemukan pada berita online. Selama ini kita banyak menemukan berita di situs online yang terkesan ditulis secara tidak profesional dan tidak mengindahkan kode etik jurnalistik. Banyak berita yang berisi informasi yang tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Karena media online mengedepankan kecepatan bukan kebenaran dan keakuratan isi berita.

Sebagai dampaknya banyak masyarakat yang salah paham terhadap peristiwa tersebut karena dihakimi oleh dengan informasi yang jauh dari fakta yang sebenarnya. Mungkin para jurnalis situs berita online malas untuk mengonfirmasi langsung pada sumber peristiwa yang diliput.  Akhirnya yang dirugikan tentu masyarakat sebagai konsumen berita tersebut.

Memang dari sisi kecepatan situs online selalu memanjakan pembacanya dengan konten-konten yang baru. Tidak perlu menunggu lama sampai satu hari untuk menikmati informasi yang terjadi hari ini. Namun, berdasarkan kebiasaan media online selama ini yang tidak memperhatikan keakuratan berita maka koran cetak sampai saat ini masih belum menunjukkan keruntuhan seperti ramalan yang ngaku ahli. Bahkan dengan semakibanjirnya situs berita online masyarakat tetap membaca berita koran. Karena media koran masih konsisten menjaga konten beritanya agar tetap sesuai fakta yang terjadi di lapangan. Walaupun masyarakat sudah bisa mengakses berita di internet tetap saja media cetak tidak kehilangan pembacanya.

Bahkan media cetak sekarang ini menjadi penentu benar tidaknya informasi yang di update oleh media online. Bila sebelumnya media cetak memegang kunci pintu informasi, sekarang berubah menjadi penentu atau rujukan terhadap akurasi atau validitas berita. Apabila di media online informasi sudah menyebar dan tidak adanya kroscek terhadap sumber berita tadi maka yang bertindak sebagai hakim untuk menguji kebenaran berita tersebut.

Jadi, dua model media cetak dan online masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Media online memang menyajikan berita secara cepat tapi justru dari sinilah muncul berita yang seringkali tidak akurat. Sebaliknya media cetak tetap menjaga kualitas beritanya walaupun disisi lain unsur kecepatan tidak dimiliki.

Oleh karenanya, dengan semakin menjamurnya media online yang menjadi santapan masyarakat yang haus informasi maka perlu dibangun profesionalitas koran cetak dalam menyajikan berita. Untuk memenangi persaingan dengan media online tentu media cetak harus lebih kreativ dalam menyajikan berita.

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: