Cara Membuat Artikel Unik Untuk Blog

KokopNews, Cara Membuat Artikel Unik Untuk Blog - Blog/website adalah media yang banyak digunakan oleh netizen untuk berbagi pengalaman, informasi dan lain sebagainya. 

Cara Membuat Artikel Unik Untuk Blog
Gambar :Pixabay
Melalui blog seseorang bisa membantu orang lain menemukan jawaban atas pertanyaan atau persoalan yang dihadapi. Melalui blog pula seseorang bisa mencari informasi yang dibutuhkan. 

Bahkan dengan banyaknya blog yang ada baik yang dikelola secara pribadi atau korporasi, konten di internet semakin lengkap. Segala informasi tersedia di internet. Hal ini berkat jasa para blogger.

Ada banyak motivasi seseorang membuat blog. Ada yang sekedar ingin menumpahkan segala unek-unek dihatinya dengan menjadikan blog sebagai buku Diary, ada juga yang ingin mengasah kemampuan menulis yang dimiliki sampai dengan keinginan mendapatkan uang dari pengelolaan blognya.

Memang blog bisa digunakan sebagai lahan yang menghasilkan uang. Untuk mendapatkan uang melalui blog ini banyak jalan yang bisa ditempuh, diantaranya dengan menjual produk tertentu baik barang atau jasa. 

Banyak orang yang memanfaatkan blog /website untuk memasarkan produknya sehingga dapat menjangkau jutaan orang. Dengan demikian untuk menjual produk tidak membutuhkan toko. Cukup dengan membuat blog/atu website seseorang bisa berjualan.

Bagi pengelola blog yang tidak mempunyai produk tapi ingin mendapatkan uang bisa mengikuti program affiliasi bekerja sama dengan perusahaan yang menawarkan program ini. Dengan mengikuti program affiliasi seorang blogger bisa mendapatkan uang melalui komisi yang akan diberikan.

Dan yang paling banyak peminatnya adalah mengikuti program Adsense. Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. 

Melalui program ini pengelola website/blog yang yang telah mendaftar dan disetujui diperbolehkan memasang iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pengelola website/blog tersebut akan mendapatkan uang melalui pembagian keuntungan dari google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung yang dikenal sebagai sistem Pay Per Click (PPC) atau bayar per klik.(Wikipedia)

Namun untuk menjadi anggota publisher iklan Adsense tidak mudah. Google memberikan syarat yang sangat ketat diantaranya blog/website yang diajukan untuk mengikuti program Adsense harus mempunyai konten yang memadai disamping persyaratan lainnya.

Konten adalah raja, itulah ungkapan yang terkenal dikalangan blogger. Seseorang yang ingin blognya disukai pengunjung dan google sehingga dapat dengan mudah diterima sebagai publisher Adsense harus mampu membuat konten yang unik dan relevan.

Konten unik adalah konten yang dihasilkan dari dalam diri kita sendiri. Google sangat menyukai dan menyarankan konten ini. Sebaliknya google tidak suka dengan konten hasil copy paste dari blog orang lain, karena tindakan ini merupakan pencurian kekayaan intelektual seseorang. Blog yang sebagian besar isinya hasil copy paste tidak akan diterima program adsense.

Untuk itu jika ingin blog anda diterima adsense dengam mudah maka anda harus membuat konten unik.

Bagi blogger yang sudah mapan, membuat konten unik dan relevan tentu tidak sulit. Karena dengan kemampuan menulis yang sudah diakui ditambah dengan jam terbang yang cukup lama di dunia blogging mereka dengan mudah membuat tulisan yang unik.

Namun, bagi blogger pemula hal ini dirasa cukup sulit, mengingat masih belum mempunyai kemampuan menulis yang memadai. Jangankan konten unik, membuat konten yang biasa saja dia membutuhkan waktu lama. 

Oleh karenanya, disini saya akan membagikan cara membuat konten unik dan relevan. Tips ini saya dapatkan dari hasil penelusuran saya pada blog yang sudah mapan. 

Biar tidak terkesan bertele-tele langsung saja menuju ke TKP. 

Untuk membuat konten unik, berikut yang harus anda perhatikan.

1. Menulis Pengalaman Sendiri Atau Orng Lain

Menulis membutuhkan ide sementara banyak orang yang kesulitan mendapatkan ide untuk dijadikan tulisan. Nah, bagi anda yang kesulitan mencari ide tidak ada salahnya kalau anda menjadikan pengalaman yang anda alami sebagai bahan tulisan. 

Tentu yang dimaksud disini pengalaman yang layak dibagikan pada orang banyak, bukan pengalaman yang sifatnya pribadi.

Jika pengalaman anda ditulis kemudian dibagikan pada orang lain melalui blog maka akan ada banyak orang bisa mengambil pelajaran dari pengalaman anda. Sebagai misal, anda mengalami hal yang tidak mengenakkan lalu anda menuliskan cerita anda dengan harapan orang lain jangan sampai mengalami seperti yang anda alami.

Ini tentu sangat mudah dilakukan karena anda sudah pasti paham terhadap apa yang anda alami sehingga menuliskannya juga tidak sulit. Disamping itu tulisan yang anda hasilkan dijamin unik dimata google karena berasal dari otak anda sehingga tidak akan ada yang menyamai. 

Selain pengalaman sendiri, anda juga bisa menuliskan kisah pengalaman orang lain seperti saudara, teman. Untuk mengetahui detail ceritanya anda melakukan wawancara secara seserhana. Setelah alur cerita anda pahami maka segera tulis dan publis ke blog, dijamin tulisan anda unik dan jika ceritanya bagus maka akan banyak pengunjung yang berbondong-bondong ke blog anda. 

Jika sudah ramai pengunjung maka Google Adsense tidak punya alasan lagi untuk menolak anda menjadi publishernya.

2. Menulis Sesuai Keahlian 

Agar tulisan yang anda hasilkan dapat dipercaya dan dipertanggung jawabkan maka apa yang anda tulis harus sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Setiap orang pasti mempunyai keahlian tertentu yang tidak dimiki orang lain. Karena anda ahli maka tentu sangat mudah menuliskan sesuatu yang memang anda kuasai.

Semisal anda ahli dibidang IT , seluk beluk IT anda kuasai maka jika anda membuat tulisan dibidang ini orang akan mudah memahami tulisan anda. Karena apa yang anda tulis bukan berdasarkan kata orang tapi bersasarkan kata anda sendiri.

Sebaliknya, jika anda menulis tentang sesuatu yang tidak anda kuasai maka anda akan keulitan menjelaskan detail tentang susuatu tadi. Walaulun anda mampu menjelaskn itu hanya bersarkan dugaan saja yang anda peroleh dari orang lain.

Oleh karenan itu, jangan sekali-kali menulis tentang sesuatu diluar keahlian anda. Disamping menyulitkan, apa yang anda tulis tidak bisa dipertanggung jawabkan. Hal ini pernah disinggung dalam sebuah Hadits Nabi "Jika suatu urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya maka tunggulah kehancurannya". 

Hal ini pula yang menyebabkan beredarnya berita hoax atau bohong yang meresahkan banyak pihak belakangan ini, tak terkecuali presiden Joko Widodo.

Berita Hoax itu terjadi karena orang menyampaikan informasi yang tidak diketahuainya. Dia berbicara bersasarkan isu yang tidak jelas sumbernya.

Memang berita hoax itu disukai pengunjung dan tentu saja disukai google karena google menyukai konten yang banyak dikunjungi orang, tapi karena meresahkan, ia tidak disukai Presiden Jokowi (heheheh).

Kalau disebutkan semua tentu banyak poin yang bisa dijadikan panduan untuk membuat konten unik untuk blog. Tapi karena tulisan ini sudah lumayan panjang maka saya cukupkan sampai disini saja. Dua poin diatas saya kira sudah cukup untuk memandu anda dalam msmbuat konten unik. 

Sekedar diketahui, apa yang saya tulis ini bukanlah ingin memberi ceramah akan tetapi hanyalah upaya untuk belajar menulis. Jujur, kemampuan menulis saya masih nol besar karena sebelum mengenal blog, saya tidak pernah menekuni bidang kepenulisan. Baru sejak sekitar 8 bulan yang lalu saya mulai menyukai menulis.

Hal itu karena saya sangat menyukai kegiatan ngeblog sementara kemampuan menulis artikel sangat rendah sehingga memaksa saya untuk selalu belajar secara konsisten. Nah, artikel yang anda baca ini meupakan hasil latihan menulis yang saya lakukan.

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: