Cara Membuat Artikel Berkualitas Untuk Blog


Cara Membuat Artikel Berkualitas Untuk Blog

KOKOPNEWS.ID -  Blogger adalah sebutan bagi orang yang melakukan kegiatan blogging atau istilah kerennya ngeblog. Kegiatan ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang khususnya bagi merekayang akrab dengan dunia internet. 

Awalnya blogging atau ngeblog tidak banyak orang yang menekuninya, tapi dengan semakin meratanya internet dengan didukung infrasrtuktur yang memadai seperti Smartphone atau ponsel pintar dan jaringan 4G yang memungkinkan untuk mengakses internet dengan cepat, maka netizen (pengguna internet) mulai banyak yang terjun ke dunia ini (blog). 

Ada banyak kegiatan di dunia blog, tapi yang paling penting dan menjadi ruh dari blog adalah menulis artikel atau jenis tulisan lain yang berisi informasi, pengalaman, keahlian dan lain-lain.

Menulis adalah kegiatan paling inti dari seorang blogger. Tanpa menulis tentu tidak ada konten yang akan di publish. Dengan demikian, blog akan kosong dan akibatnya tentu tidak akan ada orang yang mengunjungi. Mau mengunjungi gimana wong blognya tidak ada apa-apanya.

Oleh karenanya, menulis  sangat penting dilakukan oleh seorang blogger. Disamping itu, menulis disini bukan sembarang menulis tapi menulis sesuatu yang bermanfaat bagi pengunjung blog dan dikemas dengan baik sehingga dapat memuaskan pengunjung.

Ada jutaan blogger di Indonesia yang sudah mampu membuat artikel yang berkualitas sehingga blog yang mereka kelola dapat menjaring pengunjung yang jumlahnya ribuan setiap harinya. 

Sementara ada blogger yang masih baru yang belum mempunyai kemampuan membuat artikel bagus sehingga pendatang baru ini kesulitan dalam membuat artikel menarik. Karena tidak mampu membuat tulisan yang baik maka blog yang dikelolanya sepi pengunjung. Pengunjung blognya hanya dia sendiri.

Oleh sebab itu, disini saya akan membagikan cara membuat artikel yang berkualitas sehingga dapat membantu blogger yang masih lugu agar dapat mendatangkan pengunjung ke blog yang dikelolanya.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa artikel berkualitas itu adalah tulisan yang mempunyai banyak informasi dan bermanfaat bagi pembacanya.

Hal ini mengecualikan tulisan yang mempunyai banyak manfaat tapi tidak mengandung informasi yang lengkap atau mempunyai informasi lengkap tapi tidak memberi manfaat pada orang lain. Jadi, kedua poin diatas harus terkandung dalam tulisan berkualitas.

Kenapa Harus Artikel Berkualitas ?

Perlu diketahui bahwa tujuan membuat blog itu memang bervareasi tergantung dari orangnya. Namun, secara umum tujuan membuat blog adalah untuk berbagi apapun yang dimiliki kepada orang lain. 

Nah, berbagi pengalaman ini akan bertepuk sebelah tangan jika tidak ada orang melirik tulisan yang kita buat. Hal ini bisa jadi karena belum diketahui orang atau karena memang tulisan yang kita buat tidak mengandung informasi lengkap dan bermanfaat. Untuk itu, sebagai blogger harus mampu menyuguhkan tulisan berkualitas.

Berikut Tips Cara Membuat Artikel Berkualitas.

1. Buat Judul Yang Menarik

Hal yang termasuk bagian terpenting dari sebuah tulisan adalah judul. Jika diibaratkan rumah, judul adalah gerbangnya. Maka, buatlah judul yang menarik dan membuat penasaran sehingga mendorong pengunjung untuk mengklik judul itu.

Saking pentingnya judul, banyak artikel berkualitas namun karena tidak poles dengan judul yang menarik maka tidak ada orang yang membaca.

Namun demikian, judul yang menarik harus mencerminkan isi tulisan. Jangan sekali-kali mencoba membuat judul bombastis tapi isinya tidak nyambung dengan judul yang dibuat. Hal ini merupakan penipuan bagi pengunjung. Walaupun ada yang membaca tapi artikel ini tidak akan bertahan lama. Google akan mendepaknya dari peringkat pencarian.

2. Perhatikan Panjang Tulisan

Tidak ada patokan seberapa banyak kata yang ideal dalam tulisan. Panjang pendeknya sebuah tulisan ditentukan oleh sebarapa banyak informasi yang akan disampaikan. 

Maka panjang tulisan sifatnya kondisional tergantung dari seberapa luas informasi yang akan ditulis. Jika memang informasinya membutuhkan kata yang banyak maka buatlah tulisan yang panjang. Sebaliknya, jika informasi yang akan disampaikan sedikit maka tentu tulisan yang dibuat harus singkat.

Jangan membuat tulisan panjang jika kita mempunyai sedikit informasi yang akan dismpaikan. Hindari kata yang tidak perlu karena akan membuat tulisan kita tidak berkuaitas.

3. Perhatikan Penggunaan Ejaan Dan Tata Bahasa

Dalam membuat artikel ejaan dan tata bahasa perlu mendapat perhatian khusus. Sebab kesalahan ejaan dan tata bahasa akan membuat tulisan tidak berkualitas. Dengan adanya ejaan yang salah pengunjung akan menganggap tulisan kita terkesan amatiran. 

Kalau sudah demikian maka pengunjung akan lari dan tidak akan kembali berkunjung ke blog kita. Oleh sebab itu sebelum kita publish di blog alangkah baiknya kita koreksi kembali tulisan kita untuk sekedar memastikan tidak ada keslaahan ejaan.

Gunakan ejaan yang standart dan tidak baik menggunakan kalimat alay ala anak muda gaul kecuali yang menjadi target pembaca tulisan kita adalah hanya orang yang suka bahasa alay tadi.


Penggunaan ejaan yang standart disini bukan berarti harus menyampaikannya dengan kaku. Kita harus menggunakan kalimat yang standart namun luwes sehingga menjangkau semua kalangan.

3. Buat Alur Cerita Yang Menarik

Poin nomor tiga ini juga tidak kalah pentingnya dalam menulis artikel berkualitas. Apapun yang ingin kita sampaikan sebisa mungkin kita kemas dengan penyampaian yang menarik sehingga membuat betah pengunjung dan tidak bosan berlama-lama di blog kita.

Jika kita suka humor tentu akan sangat baik jika tulisan yang kita buat diberi sentuhan yang menghibur. Dan yang paling penting adalah alur ceritanya nyambung dari awal sampai akhir.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan bahwa sebisa mungkin dalam menulis artikel hindari menulis ulang tulisan orang lain karena hal itu hanya akan membuat kita lambat berkembang. J

Jika terpaksa harus menulis ulang  atau rewriting tulisan orang lain, baca berulang-ulang tulisan yang hendak ditulis ulang tersebut kemudian anda tulis menggunakan bahasa anda sendiri. Cara seperti lebih baik dibanding hanya mengganti kosa kata sebuah tulisan yang sudah jadi. 

Nah, itulah cara membuat artikel berkualitas untuk blog. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita. Harapannya setelah membaca artikel ini, saya dan anda sekalian dapat membuat tulisan yang baik sehingga blog yang kita kelola dapat menjaring visitor/pengunjung yang banyak.

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: